Saintek

Tips untuk Kamu ‘Fresh Graduates’ Agar Mudah Mendapatkan Pekerjaan, Miliki Skill Ini!

Aksaraintimes.id – Setiap tahun, ada sekitar 1,7 orang Indonesia yang lulus dari perguruan tinggi, bagaimana Anda menonjol dan mendapatkan pekerjaan di perusahaan impian Anda?

Memang benar bahwa perusahaan melihat sekolah tempat Anda lulus, itu tidak selalu menjadi prioritas. Saat melakukan wawancara tentang perekrutan kerja bagi lulusan baru , pengusaha menganggap lulusan baru belum memiliki pengalaman.

Saat Anda menghadapi pewawancara, apa yang sebenarnya mereka coba cari tahu adalah apakah Anda memiliki keterampilan penting yang dibutuhkan untuk posisi tersebut dan apakah Anda memenuhi standar perusahaan. Jika Anda seorang lulusan baru dan ingin mendapatkan pekerjaan di perusahaan impian Anda.

Baca Juga: Tips Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik, Cara Mudah Gaet Perhatian HRD

Daftar Soft Skill yang wajib dimiliki Fresh Graduates

1. Keterampilan kerja tim

Perusahaan terdiri dari tim yang melibatkan orang-orang dari berbagai latar belakang yang bekerja secara harmonis. Menjadi pemain tim, dengan hasrat untuk berkolaborasi, harus menjadi salah satu kekuatan Anda. Kemampuan bekerja sama.

2. Mampu bekerja dengan pengawasan minimal

Jangan berharap calon supervisor Anda berada di samping Anda sepanjang waktu. Adalah penting bahwa Anda dapat dimintai pertanggungjawaban atas tugas yang diberikan kepada Anda dan melakukannya dengan baik bahkan jika tidak ada yang melihat. Pikirkan tentang waktu ketika Anda mengerjakan skripsi Anda dan memiliki waktu yang terbatas untuk berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing Anda. Begitulah jadinya ketika Anda memasuki dunia kerja

3. Keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang sangat baik

Ingat tentang berdiri keluar dari tumpukan? Biarkan surat lamaran Anda berbicara untuk keterampilan komunikasi Anda yang sempurna. Itu akan membuat headhunter memperhatikan aplikasi Anda. Segera setelah Anda mendapatkan wawancara itu, pastikan untuk memberikan kesempatan terbaik Anda dengan berbicara dengan lancar dalam bahasa Inggris. Tentu saja, Anda juga harus berbicara dengan banyak substansi. Memiliki keterampilan komunikasi yang baik adalah suatu keharusan untuk bisnis. Ini juga menyampaikan upaya yang Anda lakukan untuk mengekspresikan ide dan pemikiran Anda secara profesional.

4. Keterampilan interpersonal yang baik

Selain memiliki keterampilan komunikasi yang baik, Anda juga harus tahu bagaimana memperlakukan semua orang dengan hormat. Bicaralah dengan resepsionis dengan kesopanan yang sama seperti yang Anda tunjukkan kepada CEO perusahaan.

5. Mahir dengan program perangkat lunak komputer dasar

Karena komputasi dasar sudah menjadi bagian dari kurikulum sekolah, lulusan diharapkan menguasai dasar-dasar Microsoft , yaitu Word, Excel, dan Powerpoint. Di sebagian besar daftar pekerjaan perusahaan, ini adalah program komputer yang dikutip yang harus diketahui pelamar. Anda pasti akan sering menggunakan program ini selama kehidupan kerja Anda. Bagaimana majikan masa depan Anda tahu? Anda akan diminta untuk mengikuti ujian praktik atau mereka akan meminta untuk melihat transkrip catatan Anda (TOR).

6. Jiwa kepemimpinan

Apakah Anda memegang posisi kepemimpinan selama kuliah? Apakah Anda seorang petugas untuk organisasi sekolah? Apakah Anda mengelola tim untuk acara terkait sekolah? Pengusaha memilih lulusan baru yang menunjukkan potensi untuk menjadi pemimpin tim atau manajer di masa depan bahkan jika mereka hanya merekrut untuk posisi entry-level. Memiliki keterampilan kepemimpinan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang pemula dan Anda dapat menangani pengambilan keputusan dengan baik. Pastikan untuk memasukkan pengalaman kepemimpinan Anda dalam resume Anda dan bicarakan itu dalam wawancara Anda, terutama jika Anda bertanggung jawab atas proyek atau acara yang menjadi sukses.

7. Kemampuan memecahkan masalah

Tidak ada yang luput dari masalah terkait pekerjaan terlepas dari peran yang mereka mainkan di perusahaan. Apakah Anda siap untuk tantangan? Daripada berhenti pada tanda pertama masalah, Anda harus siap menghadapi konsekuensinya dan bertindak secara profesional untuk menyelesaikannya. Ketekunan sangat membantu di tempat kerja dan itu juga membangun karakter Anda.

8. Keterampilan manajemen waktu

Kesan pertama memang abadi. Anda mungkin hanya memiliki satu wawancara dan sebaiknya tepat waktu. Waktu adalah sumber daya yang sangat penting dalam dunia usaha. Ketepatan waktu Anda merupakan indikasi keterampilan manajemen waktu Anda. Ini juga merupakan cerminan dari bagaimana Anda akan memprioritaskan tugas-tugas Anda dan menyelesaikannya tepat waktu.

Baca Juga: Dijamin Dilirik HRD, Berikut Tips Sukses Lolos Interview Kerja

9. Inovatif dan kreatif

Selama wawancara, beri tahu manajer perekrutan bahwa Anda inovatif dan kreatif. Pastikan bahwa Anda telah meneliti tentang perusahaan dan pekerjaan yang Anda lamar. Situs web perusahaan, akun media sosialnya, serta berita dan artikel dari situs web lain akan memungkinkan Anda untuk memberikan jawaban yang masuk akal dan kreatif selama wawancara. Mempekerjakan manajer sedang mencari individu yang dapat membawa sesuatu yang segar ke organisasi mereka dan mereka yang mampu berpikir di luar kotak. Memiliki penilaian yang jujur ​​​​tentang keahlian dan kemampuan Anda saat ini dan mengambil jalan menuju peningkatan diri pasti akan menguntungkan Anda saat Anda mengejar pekerjaan impian Anda.

Berikut diatas merupakan soft skill yang harus dimiliki oleh setiap para fresh graduate. Ketrampilan-ketrampilan diatas sejatinya merupakan ketrampilan yang bisa kalian dapatkan selama kuliah.

Share