Travel  

Rencana Perjalanan Berubah? Tidak Perlu Melakukan Pembatalan Tiket, Begini Cara Mengubah Jadwal Kereta Api

KAI Access
KAI Access

Aksaraintimes.id – Ketika rencana perjalanan berubah, penumpang kereta api ternyata tidak perlu melakukan pembatalan tiket kereta api. Akan tetapi dapat menjadwal ulang waktu keberangkatan perjalanan.

Ada cara mudah untuk mengganti jadwal tiket kereta api yang sudah terlanjur dibeli melalui aplikasi KAI access.

Dilansir dari laman resmi KAI Access, berikut ini adalah syarat dan ketentuan reschedule tiket kereta api.

Baca juga: Daftar Diskon Harga Tiket Kereta dan Pesawat, Bisa untuk Mudik Lebaran 2022

1. Ketentuan Penumpang

  • Pemohon perubahan jadwal adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access dan pengguna KAI Access.
  • Terkait permohonan perubahan jadwal yang menggunakan layanan bagasi sepeda, reshcedule tiket kereta api tidak secara otomatis mengikuti jadwal yang baru. Penumpang harus melakukan pemesanan ulang bagasi sepedanya.

2. Ketentuan Tiket Kereta yang di Rescedule

  • Perubahan jadwal dapat dilakukan untuk jadwal keberangkatan dengan kereta api yang sama atau perubahan jadwal keberangkatan dengan kereta api yang berbeda.
  • Perubahan jadwal dapat dilakukan apabila tempat duduk kereta api yang baru (pengganti) masih tersedia.
  • Perubahan jadwal secara online dapat dilakukan untuk pembelian tiket melalui online selain dari aplikasi KAI Access selama belum dicetak sebagai boarding pass, kode booking dapat masuk ke menu ticket dan nama yang terdapat di dalam tiket terdaftar sebagai user KAI access.

3. Batas waktu Reschedule Tiket Kereta Api

  • Perubahan jadwal melalui KAI Access dapat dilakukan maksimal 3 jam sebelum Kereta Api berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus Paid serta belum dicetak sebagai boarding pass.
  • Jika terlewat dari waktu tersebut maka perubahan jadwal hanya bisa dilakukan di loket stasiun.

4. Biaya Reschedule Tiket Kereta api

  • Penumpang akan dikenakan biaya perubahan sebesar 25% dari tarif Kereta Api diluar bea pesan dengan pembulatan ke atas pada kelipatan Rp 1.000.
  • Jika Kereta Api jadwal yang baru tarifnya lebih tinggi atau naik kelas pelayanan, maka akan dikenakan biaya tambahan untuk selisihnya dan biaya administrasi.
  • Jika Kereta api jadwal baru tarifnya lebih rendah atau turun kelas pelayanan maka tidak ada pengembalian dana untuk selisihnya tetapi tetap dikenakan biaya administrasi.

Cara Reschedule Tiket Kereta Api

1. Login pada aplikasi KAI Access menggunakan akun KAI Access milik pemohon.

2. Pada menu Tiket, pilih kode booking tiket perjalanan kereta yang akan diubah jadwalnya (reschedule).

3. Pada halaman tersebut, klik tombol “Ubah Jadwal” (reschedule).

4. Pilih nama penumpang yang akan melakukan perubahan jadwal perjalanan kereta Baca dan centang Syarat & Ketentuan kemudian “Lanjutkan”.

5. Pada halaman Pesan Tiket, pilih stasiun asal, tujuan dan tanggal keberangkatan kereta.

6. Kemudian Klik tombol “Cari Tiket”.

7. Pilih jadwal kereta baru sesuai dengan jam keberangkatan yang Anda inginkan.

8. Pada halaman konfirmasi pemesanan, pastikan kembali jadwal yang baru telah sesuai dengan yang Anda pilih pada tahap sebelumnya.

9. Baca dan centang Syarat & Ketentuan, dan lanjutkan proses ubah jadwal.

10. Klik pembayaran kemudian pilih metode pembayaran yang Anda inginkan. Lanjut proses “Bayar”.

11. Proses ubah jadwal perjalanan telah berhasil, dan pemohon bisa segera lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang ditentukan.

Bagi pemilik tiket yang sejak awal tidak dipesan melalui KAI Access, cara reschedule tiket kereta api secara online bisa diawali dengan langkah berikut:

1. Login atau buat akun di KAI Acess Masuk ke menu Tambahkan Tiket.

2. Isi dengan kode booking tiket yang Anda miliki dan ingin diubah jadwalnya.

3. Setelah tiket masuk, cek di menu Tiket dan lakukan langkah cara reschedule tiket kereta api seperti di atas.

4. Terkait proses reschedule tiket kereta api dan kendala yang dihadapi, calon penumpang dapat menghubungi Contact Center (021) 121 atau surat elektronik ke alamat [email protected].