Dukung Program BKKBN, Bupati Jombang Lantik Kader Dermaga Kencana

Bupati Jombang Lantik Kader Dermaga Kencana
Bupati Jombang Lantik Kader Dermaga Kencana

Aksaraintimes.id – Bertempat di Aula Bung Tomo, pagi ini Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab melantik puluhan kader Kemasyarakatan, Keagamaan, Keluarga Berencana (Dermaga Kencana) Senin 8 November 2021.

Dlam kegiatanya, kader yang yang dinaungi oleh inas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PPKB & PPPA) Kabupaten Jombang memiliki beragam tujuan.

Dermaga Kencana merupakan kader atau kelompok bentukan Dinas PPKB & PPPA Kabupaten Jombang yang terdiri dari beberapa elemen masyarakat, keagamaan, serta kader keluarga berencana (KB).

Baca Juga: Bupati Jombang Resmikan Gedung Sekolah Modern Paud Islam Terpadu At Tiin di Megaluh

Fungsi dibentuknya Dermaga kencana yakni mendukung program BKKBN yakni Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana atau yang disingkat (Bangga Kencana) di wilayah Kabupaten Jombang.

Dalam sambutanya, Bupati membuka dengan mengulas sejarah hadirnya KB di wilayah kabupaten Jombang yang disebut sejak tahun 1976.

Pada awal diperkenalkan KB, tidak langsung diterima oleh masyarakat lantaran adanya isu dan penolakan dari Kyiai kala itu.

“Namun berkat adanya kolaborasi, sinergitas yang baik Program KB dapat diterima dimasyarakat. Program KB bukanlah membatasi, namun mengatur kelahiran”, ucap Mundjidah.

Lebih lanjut, ia juga menghubungkan dengan situasi dewasa ini dimana dalam menghadapi masalah kependudukan perlu dilakukan pengendalian dan peningkatan kualitas penduduk serta penyebarannya menjadi tanggung jawab semua elemen.

Pihaknya menyebut untuk menyukseskan hal ini perlu peran seluruh elemen pemerintahan serta masyarakat sehingga terjadi kalaborasi serta sinergi yang baik.

Bupati juga menyebut pihaknya serta seluruh jajaran menyambut baik hadirnya kader Dermaga Kencana di Wilayah Kabupaten Jombang.

Baca Juga: Ramalan Cuaca BMKG Besok Selasa, 9 November 2021: Waspadai Potensi Hujan Lebat

“Pemerintah Kabupaten Jombang sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan program Dermaga Kencana Dan Bangga Kencana oleh Dinas PPKB dan PPPA Kabupaten Jombang, yang telah berhasil membina dan mengembangkan kampung KB sebagai upaya mewujudkan kampung keluarga berkualitas, yang mampu mengimplementasikan 8 fungsi keluarga. Yaitu fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta dan kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi lingkungan. Sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang sadar tentang pembangunan berwawasan kependudukan”, ujar Bupati.