Berita

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Dibuka: Pahami Persyaratan, Cara Daftar dan Jadwal Seleksi Disini!

Aksaraintimes.id –  Pendaftaran Sekolah Kedinasan resmi dibuka mulai HAri ini 9 April 2022. Dilansir dari link resmi BKN di https://dikdin.bkn.go.id/, Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 9 April pukul 09.22 WIB dan ditutup pada tanggal 30 April pukul 23.59 WIB.

Bagi calon taruna yang ingin mendaftarkan diri ke sekolah kedinasan, ada baiknya kalian memahami beberapa persyaratan serta cara melalukan registrasi yang kami hadirkan di artikel ini.

Baca juga: Kumpulan Prediksi Soal UTBK SBMPTN Bahasa Inggris 2022 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Dokumen yang Wajib Disiapkan

  • Kartu Keluarga
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah rapor SMA/Sederajat
  • Pas foto
  • Dokumen sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Daftar Instansi

  • Kementerian Dalam Negeri
  • Kementerian Keuangan
  • Kementerian Hukum dan HAM
  • Kementerian Perhubungan
  • Badan Intelijen Negara
  • Badan Pusat Statistik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
  • Badan Siber dan Sandi Negara

Cara daftar sekolah kedinasan 2022

  • Pelamar harus masuk ke link SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id untuk membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi Dukcapil
  • Kemudian Pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di link  https://dikdin.bkn.go.id
  • Log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  • Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian.
  • Pelamar hanya dapat melamar di satu Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, dapat mengecek di halaman web masing masing sekolah kedinasan
  • Masukkan nilai
  • Lengkapi biodata
  • Unggah dokumen sesuai dengan persyaratan
  • Cek kembali isian yang telah dilengkapi (resume)
  • Klik “Kirim”, perlu menjadi perhatian bahwa data yang telah dikirim tidak dapat diubah
  • Cek hasil verifikasi
  • Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. (Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih)
  • Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian
  • Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
  • Cek hasil kelulusan tes seleksi
  • Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya.

Jadwal penting Sekolah Kedinasan 2022

  • Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022: 1 April 2022 hingga 8 April 2022
  • Pembukaan pendaftaran: 9 April 2022 hingga 30 April 2022
  • Pelaksanaan ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar): Mei – Juni 2022 (tentative)
  • Seleksi lanjutan: pelaksanaan seleksi lanjutan akan diatur oleh masing – masing sekolah kedinasan

 

Share
Penulis: