Mengenal Bloatware, Aplikasi Bawaan yang Bikin Perangkat Lemot

apa itu bloatware
apa itu bloatware (sumber: youtube @Megabyte

Aksaraintimes.id –¬†Sederhananya, Bloatware merupakan aplikasi bawaan vendor yang terinstall ketika kamu membeli perangkat atau menginstall suatu OS. Selain itu terdapat aplikasi dari perusahaan lain yang bekerjasama dengan produsen perangkat untuk memasang aplikasi tersebut.

Namun adanya aplikasi yang terinstall ini, sebagian orang merasa perangkat yang yang dimilikinya terasa lemot. Padahal ketika di deteksi tidak ada virus yang menyerang.

Bloatware adalah Aplikasi yang tidak kamu inginkan

Ketika kamu membeli ponsel atau menginstall Windows 10 atau 11 secara otomatis aplikasi yang tidak kamu inginkan ini terinstall secara otomatis. Ada banyak alasan kenapa vendor perangkat memasang bloatware tersebut, secara umum ialah promosi kerjasama antara perusahaan aplikasi dan vendor perangkat.

Membuat kinerja perangkat kamu lambat

Selain isi aplikasi di perangkat kamu banyak, Bloatware juga membuat kinerja perangkat yang kamu gunakan menjadi lambat. Karena blotware berjalan di latar belang perangkat yang kamu gunakan.

Namun tak semua Bloatware itu negatif, karena pihak vendor sendiri sudah mempertimbangkan dan mensortir aplikasi yang ada di perangkat kamu. Ada juga aplikasi bloatware yang memang di perlukan untuk mengupdate sistem atau ada aplikasi bloatware tersebut di perlukan untuk menjalankan aplikasi lain.

Menghapus Aplikasi Bloatware dari perangkat

Kamu bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang menurut kamu tidak terlalu penting, Namun ada beberapa aplikasi bloatware yang tidak bisa di uninstall. Kamu cuma dapat mematikan aplikasi tersebut atau mendisable.

Bloatware hanya tersedia di perangkat yang low end

Seperti di jelaskan di atas tadi, Bloatware ialah sebuah aplikasi yang terinstall di dalam perangkat ataupun OS. dimana alasan dari itu semua adalah untuk promosi perusahaan aplikasi dan vendor perangkat. Kalau bicara mengenai aplikasi bloatware hanya ada di perangkat low end itu pun tidak masuk akal. Sebagai contoh Perusahaan ponsel seperti Xiaomi sendiri menanamkan aplikasi di hampir semua perangkat yang ia pasarkan. ada juga Samsung, OS Windows dan hampir semua vendor perangkat memasang aplikasi bloatware guna untuk menambah pemasukan untuk perusahaan.

Nah, itu tadi artikel singkat mengenai Bloatware, Jadi jika perangkat kamu lemot belum tentu itu akibat virus yang menyerang. Bisa jadi adanya bloatware yang memakan banyak memori di peragkat kamu. Biar perangkat kamu tidak lemot lagi yuk pilah pilah lagi aplikasi yang menurut kamu tidak digunakan.