Memilih Sekuritas yang Baik, Perhatikan 6 Parameter Berikut

  • Bagikan
Bagaimana Cara Memilih Perusahaan Sekuritas untuk Saham
Bagaimana Cara Memilih Perusahaan Sekuritas untuk Saham

Aksaraintimes.id – Memilih sekuritas yang baik harus Anda pertimbangkan saat ingin terjun pada investasi saham. Perusahaan sekuritas ialah perusahaan yang menjadi perantara perdagangan efek dalam transaksi saham.

Pastinya sebagai perantara, perusahaan sekuritas memiliki komisi broker yang dibebankan kepada investor karena telah memfasilitasi penyampaian order beli atau jual saham ke dalam sistem perdagangan elektronik Bursa Efek Indonesia (BEI).

Tips Dalam Memilih Sekuritas

Di Indonesia sendiri terdapat beragam perusahaan Sekuritas yang dapat anda pilih untuk memulai investasi Saham seperti BCA Sekuritas, Anugerah Sekuritas, Binaartha, Bahana, BRI Dnareksa, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga: Apa itu Saham? Simak Penjelasan Sebelum Memulai Investasi

Jika anda ragu dan merasa bingung dalam memilih mana perusahaan yang cocok, ada beberapa parameter yang dapat anda gunakan untuk menentukan sekuritas mana yang cocok bagi anda.

1. Terdaftar resi di BEI

Untuk memastikan aset Anda, pastikan Anda memilih perusahaan sekuritas yang sudah resmi terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

2. Tidak memiliki citra yang buruk

Sangat penting untuk diketahui apakah perusahaan sekuritas yang akan Anda pilih sudah aman. Maksudnya ialah memiliki citra yang baik dan tidak pernah terjerat kasus.

3. Pertimbangkan nilai setoran yang minim

Pada saat mendaftar pada sekuritas, Anda akan diwajibkan membayar setoran awal untuk membuka Rekening Dana Nasabah (RDN).

Setiap besaran setoran awal tergantung dari perusahaan sekuritasnya, ada yang tidak usah setoran awal hingga minimal Rp500 ribu.

4. Kemudahan dalam bertransaksi

Pastikan Anda memilih sekuritas dengan fasilitas mumpuni dan kemudahan dalam bertransaksi. Penting bagi Anda terutama pemula, untuk memilih aplikasi sekuritas dengan fitur user friendly.

5. Memiliki biaya transaksi yang kecil

Seperti yang di katakan tadi, karena perusahaan sekuritas adalah perantara. Tentunya membutuhkan komisi dari investor. Komisi ini berupa biaya transaksi dari jual beli saham. Nilainya beragam, ada yang 0,15 persen untuk transaksi beli dan 0,25 persen untuk transaksi jual.

Setiap perusahaan memiliki nominal tersendiri. Usahakan Anda memilih perusahaan sekuritas dengan nilai transaksi yang kecil agar keuntungan yang Anda dapatkan lebih maksimal.

6. Fasilitas transaksi online

Pilihlah perusahaan sekuritas yang memiliki fitur transaksi online. Hal ini agar Anda mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi saham di mana saja.

Baca Juga: Apa Itu Forex? Sebelum Mulai Terjun Pelajari Agar Tidak Loss

Selain itu, usahakan memilih perusahaan sekuritas yang bisa konsultasi pada hari kerja. Utamanya saat pasah saham buka agar Anda bisa mendapatkan solusi saat kesulitan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *