Inet  

Effect House TikTok, Fitur Dengan Efek AR Untuk Para Kreator di Seluruh Dunia

Efek AR di Fitur Effect House
Efek AR di Fitur Effect House

Aksaraintimes.id – Baru-baru ini Aplikasi TikTok menghadirkan fitur baru yang bernama Effect House, dimana TikTok menyematkan efek AR (Augmented Reality) untuk para kreator dan para pengembang.

TikTok mengatakan fitur Effect House akan terbuka untuk semua kreator, desainer, dan pengembang dari seluruh dunia. Perusahaan juga menyebut telah memberikan informasi untuk mempelajari efek AR ini.

Baca Juga: Aplikasi Penghilang Filter Tiktok, Berikut link Download Terbaru dan Caranya!

Seperti yang di kutip dari laman The Verge dalam wawancaranya TikTok mengungkapkan “Efek kreatif memberdayakan pembuat konten untuk mengekspresikan diri, menghibur, dan berbagi cerita melalui beragam format yang menarik dan imersif,”

TikTok mengatakan bahwa efek AR yang dibuat harus tunduk dengan pedoman agar bisa digunakan. Efek AR tidak boleh mengandung unsur rasis seperti mempromosikan warna kulit tertentu dan stereotip negatif terhadap kelompok tertentu.

TikTok melarang efek yang berbau rasisme seperti mengagungkan warna kulit tertentu dan stereotipe negatif terhadap kelompok yang dilindungi. Efek yang mempromosikan operasi kosmetik juga dilarang, seperti filler bibir atau yang menguliti penampilan seseorang.

Penggunaan efek di TikTok, seperti Green Screen, adalah salah satu fitur yang popouler. Aplikasi video singkat itu mencatat ada lebih dari 1,5 miliar video yang menggunakan efek.

Baca Juga: Jam FYP Tiktok, Simak Tips FYP TikTok dan Siap-Siap Kontenmu Trending!

Video tersebut ditonton lebih dari 600.000 kali secara global. Sebelum TikTok, media sosial seperti Instagram dan Snapchat sudah memperkenalkan alat membuat efek AR.

Selama ini, para pengguna TikTok mengandalkan efek green screen untuk membuat konten menarik, dengan lebih dari 1,5 miliar video menggunakan efek tersebut. Dengan kehadiran efek AR ini tampaknya akan menjadi tren baru di komunitas TikTok.

Peluncuran efek AR oleh TikTok menegaskan bahwa aplikasi berbagi video ini juga senantiasa mengikuti langkah para kompetitornya. Efek AR telah lebih dahulu dihadirkan oleh Instagram dan Snapchat sejak beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: SSSTikTok: Download Video TikTok Tanpa Watermark, Mudah Tanpa Install Aplikasi

“Kami selalu memikirkan cara baru untuk membawa nilai bagi komunitas kami dan memperkaya pengalaman TikTok,” kata juru bicara TikTok kepada TechCrunch.

“Saat ini kami sedang bereksperimen dengan cara memberikan alat tambahan kepada pembuat konten untuk mewujudkan ide kreatif mereka untuk komunitas TikTok,” ujar TikTok.