Cara Menjawab Pertanyaan HRD “Apa Kekurangan Anda?” dengan Mudah, Simak Penjelasannya Disini!

Aksaraintimes.id – Saat menghadiri suatu interview kerja, beragam pertanyaan akan diajukan oleh HRD, salah satunya adalah mengenai kekurangan kita.

Pertanyaan tersebut bisa menjadi jebakan bagi para pelamar pekerjaan dan tidak sedikit juga yang kesulitan menjawab pertanyaan itu.

Pada akhirnya, Anda ingin mendiskusikan kelemahan Anda dalam wawancara kerja dengan cara yang membantu Anda mendapatkan landasan daripada kehilangannya. Ingatlah bahwa apa yang benar-benar ingin diketahui oleh pihak perekrutan adalah bagaimana Anda menangani kesulitan dalam pekerjaan.

Baca Juga: Dijamin Dilirik HRD, Berikut Tips Sukses Lolos Interview Kerja

Untuk memulai, pikirkan tentang keterbatasan yang telah menantang Anda di tempat kerja. Ini adalah latihan yang baik untuk membuat daftar kekurangan Anda yang diketahui, dan salah satu cara untuk mengumpulkan materi adalah dari evaluasi kinerja masa lalu dan catatan dari supervisor tentang area untuk perbaikan.

Contoh kelemahan dalam pekerjaan

  • Tidak berpengalaman dengan perangkat lunak tertentu atau keterampilan yang tidak penting
  • Kecenderungan untuk mengambil terlalu banyak tanggung jawab
  • Gugup tentang berbicara di depan umum
  • Keragu-raguan tentang pendelegasian tugas
  • Ketidaknyamanan mengambil risiko besar
  • Ketidaksabaran dengan birokrasi

Tips Menjawab Pertanyaaan tentang Kekurangan Anda

1. Jangan sungkan menyebutkan kekurangan

Reaksi pertama Anda mungkin mengatakan, “Saya tidak memiliki kelemahan, dan tidak ada yang akan menghalangi saya untuk melakukan pekerjaan dengan baik.” Tapi tidak ada yang sempurna, dan manajer perekrutan tahu itu. Jika Anda menjawab pertanyaan ini dengan penolakan yang antusias, pewawancara mungkin akan menganggap Anda sebagai seseorang yang kurang kesadaran diri atau seseorang yang terlalu percaya diri atau tidak dapat memahami dan belajar dari kesalahan mereka.

2. Tempatkan kelemahan Anda secara positif

Setelah Anda menetapkan kelemahan Anda, buatlah respons untuk menempatkannya dalam sorotan yang paling positif. Bagaimana kamu melakukannya? Berikut adalah tiga saran:

  • Tekankan yang positif, hindari kata-kata negatif seperti gagal atau tidak kompeten .
  • Bicara tentang bagaimana Anda mengubah kelemahan Anda menjadi kekuatan.
  • Tunjukkan bagaimana Anda mengenali di mana Anda perlu meningkatkan dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki diri sendiri.

3. Tunjukkan langkah anda dalam mengatasi kekurangan Anda

Setiap orang pastinya memiliki kekurangannya masing-masing, mulai dari hasl kecil hingga yang bisa menyebabkan masalah fatal. Namun, setipa manusia pasti memiliki caranya masing-masing untuk mengatasi atau berdamai dengan kekurangan yang mereka miliki.

Untuk menjawab pertanyan HRD tentang kekurangan Anda, dibutuhkan juga jawaban Anda tentang bagaimana cara mengatasinya. Misal, bagi seorang yang pelupa mungkin akan mengatasinya dengan cara membuat notes di HP nya sehingga bisa menjadi pengingat bagi dia agar hal krusial tidak akan terlupakan.

Baca Juga: Tips Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik, Cara Mudah Gaet Perhatian HRD

Mengapa pertanyaan kelemahan itu penting?

Seperti pertanyaan wawancara kerja yang paling umum, “Apa kelemahan Anda?” bisa menantang untuk dijawab. Tapi itu bukan hanya rintangan untuk dibersihkan atau jebakan untuk dihindari. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan kepada atasan bagaimana Anda bisa belajar dari kritik membangun, bagaimana Anda bersedia melakukan perubahan saat menghadapi tantangan, dan bagaimana Anda bisa bangkit dan membersihkan diri saat Anda goyah. Bos mana pun akan menganggap hal-hal itu sebagai kekuatan.

Berikut diatas merupakan sedikit ulasan mengenai tips cara menjawab pertanyaan HRD tentang kelemahan Anda. Semoga membantu.