Aksaraintimes.id – Masalah Overheat atau suhu mesin tinggi memang cukup jarang ditemui pada seri BMW E36 318i M43. Namun dalam beberapa kasus, kejadian seperti ini menjadi salah satu momok bagi pengguna mobil eropa satu ini.
BMW E36 318i dengan kode mesin M43 di Indonesia sendiri dirilis dalam versi sedan empat pintu dengan kapasitas mesin 1800cc berbahan bakar bensin.
BMW Seri 3 ini dirilis sejak tahun 1996 hingga yahun 1998 yang menjadi penerus dari generasi sebelumnya yang menggunakan mesin M40.
Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter, Segera Cek Bagian Ini
Standart temperatur suhu mesin BMW E36 M43 ini indikator suhu berada pada posisi tengah atau 90 derajat, jika melebihi batas tersebut ada indikasi mesin anda mengalami overheat.
Jika anda mengalami masalah indikator temperatur mobil tinggi menyentuh garis merah atau masalah overheat anda dapat langsung melakukan pengecekan pada bagian ini.
Masalah ini yang cukup sering terjadi pada mobil ini, lakukan pengecekan mulai dari air atau coolant, jika terdapat kebocoran segera bawa ke servis radiator.
Dalam beberapa kasus, lantaran overheat atau radiator mengalami penyumbatan dapat mengakibatkan kebocoran atau kerusakan pada radiator anda.
Harga Radiator E36 M43 saat ini berada di kisaran Rp 1.200.000 hingga Rp 2.500.000 untuk kondisi baru, sedangkan untuk part copotan atau kampakan berkisar antara Rp 700-900 ribu.
Termostat pada BMW E36 M43 memiliki fungsi yang krusial, dimana jika terjadi kerusakan pada komponen ini dapat mengakibatkan laju pendinginan pada mobil menjadi bermasalah.
Untuk harga part Termostat ini berfariasi mulai dari Rp 200-600 ribu.
Lakukan pengecekan pada selang radiator, jika terjadi kerusakan atau kebocoran ganti dengan selang baru atau bersihkan bagian yang terjadi penyumbatan.
Head gasket bocor dapat menjadi salah satu masalah serius apabila terjadi overheat, hal ini dapat diketahui dengan melihat air radiator pada mobil anda.
Baca Juga: Irit atau Boros? Simak Konsumsi BBM E36 Tahun 1991 hingga 1999
Jika terdapat campuran oli pada air radiator atau berwarna coklat berminyak dapat menjadi salah satu indikasi kebocoran gasket, segera lakukan pengecekan pada bengkel mesin.
Setelah melakukan pengecekan semua komponen dapat bekerja dengan baik, ada baiknya mengganti air radiator dengan yang baru dan lakukan bleeding dengan benar.