Alasan Kenapa FB Kehilangan Banyak Pengguna, TikTok Menjadi Salah Satu Penyebabnya

Alasan FB Kehilangan Banyak Pengguna
Alasan FB Kehilangan Banyak Pengguna

Aksaraintimes.id – Akhir-akhir ini, Facebook telah kehilangan banyak pengguna.  Pada kuartil ke 3 2021, situs ini memiliki 1,93 miliar pengguna aktif harian. Pada Kuartil 4 2021, angkanya turun menjadi 1,929 miliar.

Facebook merupakan platform media sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberk. Facebook pertama kali diluncurkan pada 4 Februari 2004 silam. Facebook sempat menjadi platform media sosial dengan pengguna paling banyak, mencapai 2.7 miliar pengguna.

Kini, Facebook harus menelan pil pahit bahwa banyak pengguna Facebook yang mulai meninggalkannya. Berikut 4 alasan kenapa FB kehilangan banyak pengguna.

Baca Juga: Anti Ribet, Begini Cara Hapus Akun FB Permanen Maupun Sementara Dengan Aman

1. TikTok Mulai Mendominasi

Bukan rahasia lagi bahwa TikTok adalah kekuatan yang mendominasi online. Pada September 2021, TikTok mengklaim memiliki lebih dari satu miliar pengguna di platformnya.

Pada awal 2022, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengakui seberapa besar pesaing TikTok bagi perusahaan. Itu sebabnya Facebook memperkenalkan Reels, dalam upaya untuk menangkap pasar video bentuk pendek dan melakukan diversifikasi dari pendekatan tradisional berbasis teks dan berbasis status dari Faceboo

2. Anak Muda Tidak Tertarik

Orang-orang muda berbondong-bondong ke TikTok, tetapi itu bukan satu-satunya platform yang mereka sukai daripada Facebook. Anak-anak dan remaja lebih cenderung terhubung melalui game seperti Fortnite dan Roblox, atau platform seperti Discord, daripada Facebook.

Facebook dipandang sebagai ruang bagi generasi tua untuk berkumpul dengan keluarga. Untuk anak-anak, mereka lebih suka dunia 3D imajinatif yang ditawarkan oleh video game, di mana mereka dapat mengobrol dengan teman-teman mereka dan menikmati pengalaman bersama yang menyenangkan.

Baca Juga: Daftar Situs Downloader Facebook ‘FB’ Terbaik dan Praktis

3. Naiknya Harga Internet

India adalah pasar terbesar Facebook, dengan hampir dua kali jumlah pengguna seperti di Amerika Serikat. Meskipun ada banyak, mungkin bukan kebetulan bahwa TikTok dilarang di India.

Pada November 2021, semua telekomunikasi utama India menaikkan tarif prabayar mereka hingga 25%. Perubahan tersebut, yang kemungkinan berdampak negatif bagi mereka yang berpenghasilan rendah, berarti biaya masuk ke Facebook di India tidak pernah setinggi ini.

4. Tidak Ada Negara untuk Diekspansi

Facebook mulai hidup diperkenalkan di tahun 2004, ketika hanya mahasiswa dari universitas tertentu di AS yang dapat mendaftar. Sekarang, Facebook tersedia di hampir setiap negara , meskipun dilarang di beberapa negara seperti China dan Iran.

Karena kecil kemungkinan larangan itu akan dicabut, Facebook pada dasarnya tidak punya tempat untuk berkembang secara geografis. Siapapun yang ingin mendaftar ke situs jejaring sosial bisa. Hal itu menempatkan Facebook pada posisi yang lebih sulit dalam menargetkan kelompok sosiodemografi baru atau menggoda pengguna yang lebih tua untuk kembali ke platform.

Baca Juga: Daftar Situs Downloader Facebook ‘FB’ Terbaik dan Praktis

Meta memiliki cakarnya di internet dengan layanan seperti WhatsApp dan Instagram, yang membantunya mendiversifikasi risikonya. Meskipun Facebook tidak akan runtuh dalam jangka pendek, perusahaan tidak diragukan lagi mengevaluasi dengan cermat bagaimana menghentikan Facebook menjadi kapal yang tenggelam.