Berita  

8 Ide Membuat Desain Brosur untuk Bisnis Anda

Tidak sesulit atau semahal yang Anda bayangkan untuk membuat brosur yang menarik secara visual. Seorang profesional dapat disewa hanya dengan $5 di situs-situs seperti Fiverr dan Upwork, atau Anda dapat membuatnya sendiri. Atau, situs desain grafis seperti Canva dan Vistaprint menawarkan template dan pencetakan brosur murah jika Anda lebih suka opsi sebelumnya.

1. Membuat Brosur Setengah Lipat atau Brosur Lipat Dua

Canva, misalnya, mempermudah mendesain brosur lipat dua secara online. (Sumber)

Empat halaman dapat dibuat dengan satu lipatan di tengah, menjadikan ini jenis brosur paling sederhana (dua di depan dan dua di belakang). Jika Anda tidak memiliki banyak informasi untuk disertakan pada brosur Anda, opsi ini sangat ideal untuk Anda. Selain itu, ini adalah yang paling ramah pengguna karena tata letak buklet harus sederhana dan jelas.

Minimalkan jumlah teks yang Anda gunakan dalam brosur ini hanya seperlunya untuk membuatnya seefektif mungkin. Brosur lipat dua dapat mencakup produk, layanan, dan pernyataan misi terlaris perusahaan Anda. Hanya dua hingga tiga warna yang diizinkan dalam desain, dan gambar beresolusi tinggi harus memenuhi sisa ruang.

2. Membuat Brosur Brosur Lipat Tiga
Vistaprint memiliki beragam templat lipat tiga.

Brosur lipat tiga adalah desain umum lainnya untuk brosur. Dengan melipat kertas tiga kali, Anda dapat membuat tiga panel (masing-masing dengan tiga halaman), bukan hanya satu yang panjang. Brosur lipat tiga, berbeda dengan brosur lipat ganda, memberi Anda lebih banyak ruang untuk berkreasi dengan informasi yang Anda sertakan.

Dengan templat lipat tiga, kemungkinannya hampir tidak terbatas. Meskipun brosur lipat tiga memiliki lebih banyak halaman daripada brosur lipat dua, secara keseluruhan tetap akan lebih ringan. Akibatnya, lebih mudah bagi audiens Anda untuk meraih dan pergi. Jika bisnis Anda memiliki banyak produk, brosur lipat tiga bisa menjadi cara yang bagus untuk memamerkannya kepada pelanggan.

3. Membuat Brosur Z-fold Brosur
Ada banyak templat lipat tiga yang tersedia dari Vistaprint. (Sumber)
Desain brosur umum lainnya adalah brosur lipat tiga. Alih-alih satu lembar panjang, Anda dapat membuat tiga panel (masing-masing dengan tiga halaman) dengan melipat kertas tiga kali. Berbeda dengan brosur lipat dua, brosur lipat tiga memungkinkan Anda menjadi lebih kreatif dengan informasi yang Anda sertakan.

Kemungkinannya hampir tidak terbatas saat bekerja dengan template tiga kali lipat. Ada lebih banyak halaman tetapi berat keseluruhan masih akan lebih ringan karena ini. Akibatnya, audiens Anda akan dapat meraih dan pergi dengan lebih mudah. Untuk bisnis dengan jumlah produk yang banyak, brosur lipat tiga bisa menjadi alat pemasaran yang efektif.

4. Membuat Brosur Brosur Akordeon
Lebih banyak konten dan gambar dapat dimasukkan dalam brosur akordeon. (Sumber)

Jangan biarkan jumlah lipatan yang bisa Anda buat membatasi kreativitas Anda. Dimungkinkan untuk membuat halaman dalam jumlah tak terbatas dalam brosur akordeon dengan menggunakan teknik pelipatan yang sama seperti lipatan-Z. Memiliki lebih banyak ruang untuk informasi adalah hal yang baik, tetapi itu juga merupakan tanda peringatan bahwa Anda akan membanjiri audiens Anda.

Akordeon berfungsi paling baik saat digunakan untuk menampilkan gambar dalam aliran berkelanjutan, seperti yang ditunjukkan pada contoh sebelumnya. Brosur jenis ini juga dapat digunakan untuk peta atau konten lain yang membutuhkan area tampilan yang lebih besar.

5. Membuat Brosur Die-cut Brosur
Brosur New York University Stern menampilkan gambar cakrawala kota.

Die-cutting memungkinkan Anda untuk menceritakan sebuah kisah dalam berbagai cara, menurut sumbernya. Jika Anda pernah melihat brosur Z-cut atau tri-cut, Anda pernah melihat lipatan zig-zag yang sama di brosur die-cut. Sebaliknya, alih-alih membiarkan panel benar-benar kosong, brosur menggunakan guntingan untuk memberi Anda gambaran sekilas tentang apa yang ada di dalam atau untuk menjaga agar desain tetap terkini. Ketika datang untuk memasarkan merek Anda, brosur yang dipotong adalah pilihan yang bagus karena menonjol dari keramaian.

Dengan metode die-cut, Anda dapat membuat brosur indah yang tak terhitung jumlahnya, tetapi karena desainnya, itu mahal. Acara khusus seperti konferensi dan pameran adalah tempat terbaik untuk menyimpan brosur jenis ini.

6. Membuat Eksperimen Brosur Dengan Bentuk
Bentuk belah ketupat digunakan untuk mencetak brosur ini, bukan persegi atau persegi panjang yang lebih tradisional. (Pasar Kreatif) (Sumber 🙂

Jika Anda tidak mampu membeli brosur cetakan, Anda masih dapat membuat brosur Anda menonjol dengan bereksperimen dengan bentuknya. Brosur lipat tiga ini dicetak dalam bentuk belah ketupat, bukan pada selembar kertas biasa, yang memberikan tampilan unik.

Karena brosur ini tidak biasa, Anda tidak akan menemukan template untuk itu di situs seperti Canva atau Vistaprint. Brosur seperti ini dapat dirancang untuk Anda dengan menyewa seorang desainer grafis di Upwork atau Fiverr.

7. Bereksperimen Dengan Tata Letak
Alih-alih menampilkan informasi Anda secara horizontal, pastikan itu ditampilkan memanjang. Dalam kata-kata Hongkiat, “

Tata letak brosur ini benar-benar luar biasa.