Health  

Ketahui Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Kopi, Salah Satunya Bisa Menyebabkan Kecemasan

Aksaraintimes.id – Apakah Anda pencinta kopi? Jika iya, apakah Anda mengetahui bahaya dari terlalu banyak mengonsumsi kopi?

Kopi memang sudah menjadi minuman yang sangat digemari oleh manusia, tidak ketinggalan juga masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kopi memang memiliki sejumlah manfaat salah satunya bisa meningkatkan energi. Tidak heran jika banyak orang yang mengonsumsi kopi sebelum menjalani aktivitas mereka.

Walaupun kopi memiliki segudang manfaat, tapi tahukah kalian bahwa kopi bisa mendatangkan masalah apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Efek Samping Terlalu banyak Mengonsumsi Kopi

1. Sering merasa cemas.

Secangkir kopi yang dengan  10 gram bubuk kopi mengandung sekitar  95 miligram kafein di dalamnya. Jadi jika Anda minum lebih dari empat cangkir kopi, Anda akan mencapai sekitar 500 miligram kafein dalam sehari. Satu studi oleh Journal of Psychopharmacology melaporkan bahwa menjadi konsumen kafein yang tinggi pada tingkat jenis ini dapat menyebabkan tingkat stres, kecemasan, dan bahkan depresi yang tinggi. Studi tersebut mengatakan bahwa mengonsumsi lebih dari 1.000 miligram kafein seminggu bahkan terbukti menjadi prediktor kecemasan yang tinggi.

2 Jam tidur yang tidak teratur.

Mengonsumsi kopi secara teratur dapat menyebabkan masalah dengan pola tidur normal Anda, terutama jika Anda menikmati secangkir kopi di sore hari. Satu studi mengevaluasi 197 siswa sekolah menengah, sejumlah campuran pengguna dengan asupan kafein moderat melaporkan bangun pagi dan kantuk di siang hari dibandingkan dengan kelompok yang minum kafein dalam jumlah lebih rendah. .

3 Detak jantung Anda meningkat.

Meskipun satu penelitian terkontrol menunjukkan bahwa minum 100 miligram kafein antara setiap jam hingga lima jam tidak menyebabkan peningkatan detak jantung, minum dalam jumlah yang signifikan dapat menyebabkan perubahan ritme detak jantung. Tapi itu akan mengambil sejumlah besar asupan kafein untuk melakukannya.

4. Mengalami kegelisahan.

Pernah merasakan getar setelah terlalu banyak minum kopi? Ini sebenarnya dapat didefinisikan sebagai overdosis kafein, yang menurut Healthline dapat menyebabkan sakit kepala, kegelisahan, kesulitan tidur, dan seperti yang telah kami sebutkan, peningkatan detak jantung . Jika Anda mengalami salah satu dari efek samping buruk yang parah ini karena Anda terlalu banyak minum kopi, Anda harus mencari perhatian medis.

Baca Juga: Resep Es Kopi Susu Gula Aren, Minuman Zaman Now yang Enak dan Segar

5. Merasa lelah.

Walaupun kopi bisa meningkatkan energi namun mengonsumsi terlalu banyak kafein ternyata bisa berdampak negatif. Apalagi jika itu termasuk tambahan gula . Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Innovations in Clinical Neuroscience , di mana peserta diberi minuman berkafein dalam jumlah tertentu untuk energi, minum minuman berkafein, terutama dengan gula, secara teratur memang menyebabkan kelelahan mental bagi peserta.

Berikut diatas merupakan beberapa dampak buruk yang dihasilkan apabila terlalu banyak mengonsumsi kopi. Sebenarnya tidak ada larangan untuk mengonsumsi kopi, namun Anda perlu memperhatikan seberapa banyak kopi yang Anda minum.