Simak Cara Hitung Akar Pangkat 3 Lengkap dengan Soal dan Pembahasan

Cara Menghitung Akar Pangkat 3
Cara Menghitung Akar Pangkat 3

Aksaraintimes.id –  Akar pangkat tiga suatu bilangan dapat ditemukan dengan metode yang sangat sederhana yaitu metode faktorisasi prima. Akar pangkat tiga dilambangkan dengan simbol ‘∛ ‘. Contoh: 8 = (2 × 2 × 2) = 2.

Menemukan akar pangkat 3 dari bilangan  yang tidak sempurna adalah proses yang sedikit rumit tetapi dapat dikuasai dengan mudah. Untuk menemukan akar pangkat tiga dari bilangan apa pun, kita perlu menemukan bilangan yang jika dikalikan tiga kali dengan angka tersebut sendiri menghasilkan bilangan asli.

Mari kita pelajari di sini mencari akar pangkat tiga menggunakan metode faktorisasi prima dan contoh penyelesaiannya. Juga, temukan pangkat tiga dan akar pangkat tiga dari 1 sampai 15 angka di sini dalam tabel yang diberikan.

Baca Juga: Rumus dan Contoh Soal Volume Kubus dan Balok, 2 Bangun Ruang yang Bentuknya Hampir Sama

Definisi

Akar pangkat tiga dari setiap angka mengatakan ‘a’, adalah angka ‘b’, yang memenuhi persamaan yang diberikan di bawah ini:

b3 = a

Ini dapat direpresentasikan sebagai:

a = b

Cara Menemukan Akar pangkat 3 dari suatu Angka

Akar pangkat tiga adalah proses kebalikan dari menghitung pangkat tiga suatu bilangan. Hal ini dilambangkan dengan simbol ‘ ‘ . Mari kita lihat beberapa contoh di sini sekarang.

Untuk mencari akar pangkat tiga dari suatu bilangan 27, kita menginginkan suatu bilangan yang bila dikalikan tiga dengan dirinya sendiri akan menghasilkan 27. Kita dapat menulis,

27 = 3 × 3× 3 = 3 3

Mengambil akar kubik di kedua sisi;

atau 27 = 3 3

Jadi, akar pangkat tiga dari 27 adalah 3.

Pangkat dan Akar
Kedua materi tersebut berkaitan, guys. Perhatikan bentuk pangkat dan akar ini 2³ = 4 dan Cara Mudah Hitung Akar Pangkat 3 – Materi Matematika Kelas 6 105 = 2, 2³ merupakan bentuk lain dari perkalian 2 x 2 x 2, sedangkan Cara Mudah Hitung Akar Pangkat 3 – Materi Matematika Kelas 6 105 merupakan hasil dari perkalian 2 x 2 x 2, guys.

Cara Mudah Hitung Akar Pangkat 3 – Materi Matematika Kelas 6 107
Akar pangkat n dari suatu bilangan x adalah r, sehingga Cara Mudah Hitung Akar Pangkat 3 – Materi Matematika Kelas 6 108 dan dinotasikan sebagai Cara Mudah Hitung Akar Pangkat 3 – Materi Matematika Kelas 6 109. Dengan n disebut indeks, x disebut radikan dengan x > 0, dan r disebut hasil.

Terdapat juga sifat seperti ini.

Cara Mudah Hitung Akar Pangkat 3 – Materi Matematika Kelas 6 110
Rumus Akar Pangkat 3
Sobat Zen akan lebih mudah menjawab soal akar pangkat 3 jika Sobat Zen hafal atau setidaknya akar pangkat 3 dari 1 sampai 10.

Rumus Akar Pangkat 3

Setelah mengetahui itu, Sobat Zen mungkin belum menyadari jika dari perkalian pangkat 3 angka 1 sampai 10 hasilnya memiliki angka yang sama pada digit terakhirnya, kecuali 2, 3, 7, dan 8. Perhatikan kembali Sobat Zen, untuk angka 2, 3, 7, dan 8 digit terakhirnya adalah kebalikanya, maksudnya seperti 3 dan 7 serta 2 dan 8.

Hal itu diperlukan untuk menjawab soal berikut.

Tentukan nilai dari Cara Mudah Hitung Akar Pangkat 3

Rumus Akar Pangkat 3
Pertama, pisahkan ribuan bentuk ribuan atau angka yang berada paling depan, guys. Selanjutnya, kita mendapat angka 1. Kita cari tahu perkalian pangkat 3 yang mendekati angka 1, tetapi tidak melebihi angka 1 itu berapa? Sudah pasti 1, karena 1 x 1 x 1 = 1. Nah, kita dapat angka pertama kita, yaitu 1.

Baca Juga: Cara Menghitung Keliling SegiTiga Ini Rumusnya

Kedua, kita harus melihat angka terakhir dari bentuk akar pangkat 3 tersebut.

Angka terakhirnya adalah 8, guys. Kemudian, kita lihat lagi nih, perkalian pangkat berapa yang hasilnya memiliki digit akhir 8. Ya, angka 2, maka kita telah dapat angka kedua kita, yaitu 2.

Berikut diatas merupakan cara menenmukan akar pangkat tiga beserta contoh soal dan pembahaannya.